Kajian Studi al-Quran di Bulan Ramadhan


Mengkaji Tiga Kitab pada Tiga "Primer Time"

Marhaban ya Ramadhan. Alhamdulillah, sebagai ikhtiar mengisi bulan Ramadhan dengan amal shalih yang terbaik, saya ingin mengkaji tiga kitab secara reguler, dengan konsep berikut:

1. Mengacu pada konsep microlearning yang bersifat efektif dan efisien. Efektif karena langsung menyasar topik penting tanpa menengok pada intermezo sebagaimana pada kajian yang berjam-jam. Efisien karena maksimal hanya berlangsung 10-15 menit.

2. Kajian berupa audio offline. Kelebihannya, bisa didengarkan sewaktu-waktu dan di mana saja, selaras dengan konsep lifelong education yang tidak dibatasi ruang dan waktu. Ukuran file tergolong kecil, kisaran 3-10 MB; sehingga tidak terlalu menguras kuota, dibandingkan jika berupa video.

3. Jadwal bersifat idealis. Artinya, kajian bisa didengarkan dalam tiga momen pokok di bulan Ramadhan, yaitu setelah Shubuh, sebelum Buka Puasa dan setelah Tarawih. Akan tetapi, bisa juga didengarkan secara berkelanjutan, yakni sekitar 30-45 menit, bagi yang berminat dan sempat.

Pada akhirnya, saya mengucapkan Marhaban ya Ramadhan. Semoga kita dianugerahi kesehatan ruhani dan jasmani, serta diberi kekuatan untuk menjalani ketaatan dan menghindari kemaksiatan di bulan mulia ini. Amin ya Rabbal 'Alamin.

Audio disebar melalui WhatsApp Group yang saya ikuti. Terutama WhatsApp Group pada tautan berikut:

☆ Kursus Singkat Kajian Islam (kuSKIs)

https://chat.whatsapp.com/ItdFxwWW2du5XrG0sfQsz9

☆ Ngaji Edukatif Tafsir Tarbawi (NETT)

https://chat.whatsapp.com/FvjhBztjOX51wUGrWj11CY

Secara periodik, kompilasi audio akan diupload di website ini, berikut link downloadnya.

Bagi yang berminat mengkaji ketiga kitab tersebut, silahkan download e-Booknya di sini.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel