ABOUT



         Sesuai dengan kompetensi penulis, blog ini difokuskan pada dua tema besar: Islami dan Edukasi. Islami mencakup Tafsir Tarbawi atau Tafsir Pendidikan yang merupakan tafsir tematik al-Qur’an dari sudut pandang pendidikan; Studi Islami yang membahas topik keIslaman skala luas, baik isu-isu terkini, maupun isu-isu abadi; Pendidikan Agama Islam terkait Qur’an-Hadis; Akidah-Akhlak, Fikih, Ushul Fikih, Kaidah Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam; plus Bahasa dan Sastra Arab. Sedangkan Edukasi meliputi Formal yang terkait pendidikan di lingkungan sekolah dan perguruan tinggi; Non-Formal yang terkait pendidikan di lingkungan pesantren, TPQ atau Madrasah Diniyah (Madin); dan Informal yang terkait pendidikan di lingkungan keluarga dan masyarakat, baik di dunia nyata maupun maya.

          Publikasi merupakan manifestasi ikhtiar maksimal penulis terkait tema Islami dan Edukasi. Ada tiga bentuk publikasi: Buku yang meliputi karya mandiri, karya terjemah dan karya kolektif bersama penulis lain. Jurnal ilmiah merupakan karya akademik yang sudah dipublikasikan di jurnal ilmiah tertentu. Makalah ilmiah merupakan karya akademik yang sudah dipresentasikan dalam forum seminar nasional maupun internasional.

          Mengingat materi Islami, Edukasi dan Publikasi bersifat internal (insider); perlu juga penulis tampilkan Inspirasi yang bersifat eksternal (outsider). Bagian Inspirasi inilah yang memicu terwujudnya karya-karya Islami, Edukasi dan Publikasi. Motivasi terkait hal-hal yang dapat diteladani. Informasi terkait hal-hal yang menyegarkan hati, pikiran dan fisik untuk berkarya. Resensi terkait karya-karya yang membentuk paradigma berpikir (worldview) penulis dalam memandang isu tertentu. Sebagai pelengkap, Referensi dibutuhkan bagi pihak-pihak yang bermaksud untuk menelaah sumber-sumber asli yang relevan dan signifikan bagi karya-karya tulis di blog ini, baik berbahasa Arabic, English maupun Indonesian.

          My life diposisikan sebagai pertanggung-jawaban pribadi terkait karya tulis yang sudah dihasilkan. Bentuknya adalah Profil yang memuat rekam jejak singkat penulis. Galeri sebagai gambar, peta konsep atau ringkasan materi yang relevan dengan isi blog. Korespondensi sebagai ruang diskusi –pada taraf tertentu, konsultasi– dengan mitra pembaca. Wallahu A’lam bi al-Shawab.

Singosari, 17 September 2017