Telaah Qur'ani Psikologi Manusia

Manusia memiliki karakter psikologis yang beraneka-ragam. Adalah Gus AA dan Ziyad Ulhaq yang mengadakan penelitian serius terhadap isi k...


Manusia memiliki karakter psikologis yang beraneka-ragam. Adalah Gus AA dan Ziyad Ulhaq yang mengadakan penelitian serius terhadap isi kandungan al-Qur’an untuk menyibak tirai juz-juz al-Qur’an dalam rangka memperoleh pamahaman tentang hakikat manusia berdasarkan isi kandungan juz-juz al-Qur’an. Judul buku karya keduanya adalah: Menyingkap Tirai Juz Al-Qur’an yang diterbitkan oleh Indomedia Publishing Jakarta pada tahun 2007.

Berikut ini hasil penelitian tersebut:
  • Juz 1: Melayani dan dilayani.
  • Juz 2: Mudah berubah sikap dan temperamental.
  • Juz 3: Pandai berargumen dan bijak mengambil keputusan.
  • Juz 4: Realistis dan perayu.
  • Juz 5: Feminim dan suka mengungkit-ungkit.
  • Juz 6: Cenderung “kurang” kreatif dan inovatif, namun senantiasa berusaha mengemban tugasnya semaksimal mungkin.
  • Juz 7: Solidaritas tinggi sekaligus pendendam sejati.
  • Juz 8: Konsekuen dan bicara seenaknya.
  • Juz 9: Berempati tinggi dan susah memaafkan.
  • Juz 10: Tidak ceroboh dan materialistik.

  • Juz 11: Mudah terpengaruh dan mudah bergaul.
  • Juz 12: Pandai menyimpan rahasia dan merasa paling bisa.
  • Juz 13: Teguh pendirian; susah menerima nasihat.
  • Juz 14: Keras kepala, namun peduli kepada sesama.
  • Juz 15: Mempunyai kepekaan spiritual yang cukup tinggi dan low profile (rendah hati).
  • Juz 16: Sabar dan mandiri, namun tertutup dan pendendam.
  • Juz 17: Perfeksionis, berani tampil beda, dan suka memaksakan keinginan sendiri.
  • Juz 18: Gemar menolong dan tulus, mencari kesalahan orang lain dan banyak pertimbangan.
  • Juz 19: Suka berkomentar dan tidak kenal kata menyerah.
  • Juz 20: Ngeyel (tidak mau mengalah), mudah panik, sangat bijaksana.
  • Juz 21: Arogan tapi sabar; mau mengalah, tapi bijaksana.
  • Juz 22: Ingin selalu menonjol, susah meninggalkan masa lalu, optimis dan kreatif.
  • Juz 23: Manja, libido tinggi, konseptual dan komunikatif.
  • Juz 24: Gemar mencela, membentuk orang sesuai keinginannya, peduli pada sesama, tegas dan pantang menarik omongan.
  • Juz 25: Cinta keindahan, negoisator ulung, namun egois dan pandai berkelit.
  • Juz 26: Cermat, konsisten, namun kaku dan tidak mau mengalah.
  • Juz 27: Ulet dan mandiri, namun sombong dan sulit memaafkan.
  • Juz 28: Egois, materialistis, suka mengatur tapi tidak mau diatur; disiplin, tegas dan tidak mudah putus asa. Juz
  • 29: Jagonya strategi, gemar menolong, suka memaksakan diri dan ingin menang sendiri. Juz
  • 30: Pandai memahami orang lain, dinamis, ingin menang sendiri dan merasa paling benar.

Catatan:
Seringkali juz-juz al-Qur’an di atas merepresentasikan tanggal kelahiran. Yaitu jika lahir tanggal 1, maka umumnya memiliki karakter psikologis pada Juz 1. Namun hal itu tidak mutlak 100%, karena tidak mencakup orang yang lahir pada tanggal 31. Oleh sebab itu, pada bagian lain dari buku tersebut ada alternatif tata cara menemukan karakter psikologis berdasarkan nomor Surat. Yaitu jika lahir tanggal 1, maka karakternya merujuk pada Surat al-Fatihah. Demikian seterusnya. 

Selanjutnya buku ini juga mengulas sifat manusia berdasarkan bulan kelahiran:
Januari: 1) Mudah jatuh cinta; 2) Mudah melupakan perasaan cinta terhadap orang yang dicintai, sekiranya dikhianati; 3) Pandai mengambil hati pasangan; 4) Selalu berdiam diri ketika bertemu dengan pasangan; 5) Bersikap romantis, tapi tidak pandai memperlihatkannya; 6) Sikap cemburu yang tinggi terhadap pasangan, tapi tidak peduli sekiranya pasangan cemburu terhadapnya; 7) Bakal jadi seorang bapak atau ibu yang penyayang; 8) Banyak kenalan, sedikit pemalu dan bersungguh-sungguh bila melakukan kerja.

Februari: 1) Sukar jatuh cinta; 2) Amat hormat kepada pasangan; 3) Amat suka merayu pasangan; 4) Jujur dan berterus terang dalam berhubungan; 5) Senantiasa bersikukuh untuk bersama dengan pasangan; 6) Sangat romantis lahir dan batin (hanya pasangan yang tahu); 7) Patuh kepada pasangan dan selalu menjaga hati pasangan; 8) Amat menjaga penampilan diri dan pasangan.

Maret: 1) Mudah menawan hati pasangan; 2) Senantiasa ingin didampingi oleh pasangan; 3) Sangat pemalu dalam mengungkapkan isi hati; 4) Sangat baik dalam menjaga hubungan; 5) Amat sukar melupakan pasangan yang dicintai; 6) Perasaan cemburu yang minimal; 7) Sangat manja dan sering ingin dimanja pasangan; 8) Mudah memilih pasangan tanpa berfikir dengan akal sehat; 9) Senantiasa mengharapkan keistimewaan dari pasangan.

April: 1) Individu yang amat sukar untuk jatuh cinta; 2) Selalu memendam perasaan terhadap individu yang dicintai; 3) Sukar dan malu dalam meluapkan isi hati; 4) Senantiasa ingin diberi perhatian; 5) Amat cemburu dalam berhubungan; 6) Kesetiaan teguh terhadap pasangan; 7) Emosi cepat terusik dan mudah terluka; 8) Senantiasa menjaga hati pasangan; 9) Romantis bahkan terlalu romantis; 10) Sukar melupakan pasangan walaupun dilukai; 11) Sukar berlaku curang dan amat menyayangi pasangan .

Mei: 1) Amat mudah jatuh cinta; 2) Baik dan jujur dalam berhubungan; 3) Pandai menarik hati pasangan; 4) Perasaan cinta yang mendalam; 5) Mudah untuk dirayu; 6) Mudah menerima cinta seseorang; 7) Pilihan yang tepat dalam berpasangan; 8) Bertekad kuat untuk menjaga hubungan yang baik; 9) Pandai mengatur hidup pasangan (bukan Queen Control atau King Control); 10) Suka mengimajinasikan sesuatu yang indah bersama pasangan; 11) Senantiasa dahaga akan kasih sayang dari pasangan, tapi tak pandai memperlihatkan; 12) Kokoh dalam menjaga hubungan.

Juni: 1) Amat pandai menjaga hati pasangan sekiranya dia perempuan; 2) Sukar melukai, serta memahami hati pasangan; 3) Mudah jatuh hati, tapi terlalu memilih; 4) Cerewet dalam hubungan; 5) Selalu mengedepankan emosi; 6) Mudah merajuk dan mudah dibujuk; 7) Selalu melindungi pasangan dari kritikan atau umpatan orang; 8) Berpotensi menjadi Ibu yang baik; 9) Dahaga akan pujian dari pasangan.

Juli: 1) Amat suka didampingi pasangan; 2) Sukar dimengerti oleh pasangan; 3) Senantiasa menjaga diri dalam berhubungan; 4) Amat mudah dibujuk dan berterus terang; 5) Amat menghargai kesetiaan pasangan; 6) Mengasihi pasangan; 7) Mudah menumpahkan isi hati terhadap individu yang dicintai; 8) Mudah terluka dan lambat untuk pulih; 9) Suka merajuk dan dibujuk; 10) Setia terhadap pasangan; 10) Suka mendengar dan tidak suka membantah; 11) Cemburu terhadap pasangan; 12) Suka menilai dan menjaga hubungan.

Agustus: 1) Pandai membujuk pasangan; 2) Suka memimpin pasangan; 3) Romantis, Pengasih dan Penyayang; 4) Kelam dalam berhubungan; 5) Sangat sensitif; 6) Mudah meluapkan kata cinta pada siapa saja yang berkenan.

September: 1) Sopan-santun dalam hubungan; 2) Suka mengkritik pasangan; 4) Sangat prihatin terhadap pasangan; 5) Sangat sensitif dan emosi; 6) Pandai memahami pasangan; 7) Kurang mampu menunjukkan perasaan terhadap pasangan; 8) Sukar melupakan, sekiranya hati terluka; 9) Mudah bersimpati dengan perasaan dan masalah yang dihadapi pasangan; 10) Pandai menyimpan perasaan; 11) Suka berterus terang jika perkara itu tak disetujui.

Oktober: 1) Amat suka berkomunikasi dengan pasangan;  2) Suka disayangi dan menyayangi pasangan; 3) Sopan terhadap pasangan; 4) Jujur dan jarang berpura-pura terhadap pasangan; 5) Mudah terluka hati sekira pasangan melakukan kesalahan terhadapnya; 6) Emosi yang mudah terusik; 7) Pengasih dan penyayang terhadap pasangan; 8) Cemburu, bahkan terlalu cemburu; 9) Romantis.

November: 1) Cermat dan teliti dalam menjaga hubungan; 2) Amat merahasiakan sesuatu dari pasangan dan siapapun; 3) Agak degil dan kuat pendirian; 4) Emosi yang mendalam; 5) Perangai tidak dapat diramal terhadap pasangan.

Desember: 1) Pengasih terhadap hubungan; 2) Mudah jatuh cinta dalam masa yang sama; 3) Tergesa-gesa dalam hubungan; 4) Suka didampingi oleh pasangan; 5) Benci bila dikekang; 6) Berbakat untuk menikah lebih dari satu; 7) Suka mempengaruhi pasangan.



Nama

Arabic,8,Buku,19,English,1,Formal,24,Gallery,1,Indonesia,1,Informal,24,Informasi,3,JurnalIlmiah,13,Korespondensi,1,MakalahIlmiah,6,MOTIVASI,14,Non-formal,7,PAI,12,Profil,2,Resensi,2,StudiIslami,103,TafsirTarbawi,39,
ltr
item
DIALOG ILMU: Telaah Qur'ani Psikologi Manusia
Telaah Qur'ani Psikologi Manusia
https://1.bp.blogspot.com/--GX_lEx0KKs/Wdsvl4LZgeI/AAAAAAAAAEc/5SEznmMe_9sizM4rLPndwJrPc9GJ7RaKwCEwYBhgL/s640/www.dialogilmu.com%2B-%2Bmain.jpg
https://1.bp.blogspot.com/--GX_lEx0KKs/Wdsvl4LZgeI/AAAAAAAAAEc/5SEznmMe_9sizM4rLPndwJrPc9GJ7RaKwCEwYBhgL/s72-c/www.dialogilmu.com%2B-%2Bmain.jpg
DIALOG ILMU
http://www.dialogilmu.com/2017/10/telaah-qurani-psikologi-manusia.html
http://www.dialogilmu.com/
http://www.dialogilmu.com/
http://www.dialogilmu.com/2017/10/telaah-qurani-psikologi-manusia.html
true
1758165964677023620
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy