Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sketsa Akhlak Nabi Muhammad SAW


 Dr. Rosidin, M.Pd.I
http://www.dialogilmu.com

Akhlak Nabi Muhammad SAW
Rasulullah SAW sebagai Teladan Akhlak

Rasulullah SAW merupakan manusia yang paling dermawan. Beliau lebih dermawan lagi ketika Ramadhan. Rasulullah SAW merupakan manusia yang paling bagus fisik dan akhlaknya; paling halus telapak tangannya; paling wangi baunya; paling sempurna akalnya; paling bagus pergaulannya; paling marifat dan paling takut kepada Allah SWT.

Rasulullah SAW tidak pernah marah maupun menyiksa karena diri sendiri, namun beliau hanya marah jika larangan-larangan Allah SWT dilanggar. Pada saat itulah beliau marah, dan tidak ada seorang pun yang mampu meredam kemarahan beliau sampai beliau memenangkan perkara yang benar. Jika Rasulullah SAW marah, maka beliau memalingkan muka.

Akhlak Rasulullah SAW adalah al-Quran. Beliau adalah manusia yang paling tawadhu’ (rendah hati); memenuhi kebutuhan keluarga; rendah hati di hadapan orang-orang yang lemah; ketika dimintai sesuatu, beliau tidak pernah berkata ‘tidak’; manusia yang paling lapang dada; manusia yang paling malu kepada Allah SWT; kaum kerabat maupun orang lain, orang kuat maupun orang lemah adalah sama di hadapan beliau.

Rasulullah SAW mengelilingi istri-istri beliau dalam satu malam; beliau menggilir mereka dalam hal menginap dan memberi nafkah. Adapun masalah cinta, beliau bersabda: “Ya Allah, ini adalah giliran yang dapat aku lakukan; mohon jangan mencelaku terhadap sesuatu yang tidak dapat aku lakukan”. Nabi SAW bergaul dan berakhlak terpuji bersama para istri beliau.

Nabi SAW mempersilahkan anak-anak perempuan kaum Anshar untuk bermain bersama Sayyidah Aisyah RA. Jika SayyidahAisyah RA menginginkan sesuatu yang tidak terlarang, maka Nabi SAW akan menurutinya. Jika Sayyidah ‘Aisyah RA selesai minum dari sebuah wadah, maka Nabi SAW mengambil wadah itu dan menempelkan bibir beliau pada bekas bibir Sayyidah ‘Aisyah RA kemudian meminumnya. Nabi SAW bersandar pada pangkuan Sayyidah ‘Aisyah RA; membaca al-Qur'an dalam posisi kepala beliau bersandar pada Sayyidah ‘Aisyah RA, bahkan terkadang ketika Sayyidah ‘Aisyah RA sedang haid.

Ketika Rasulullah SAW hendak bepergian, maka beliau mengundi di antara para istri beliau, dan keluar dengan istri yang memenangkan undian. Nabi SAW bersabda: Sebaik-baik kalian adalah sebaik-baik kalian terhadap keluarganya. Aku adalah sebaik-baik kalian terhadap keluargaku.

Ketika Nabi SAW hendak shalat Ashar, maka beliau berkeliling kepada para istri beliau, mendekati mereka dan memperhatikan tingkah laku mereka. Jika malam telah tiba, maka Nabi SAW kembali ke rumah istri yang mempunyai hak gilir pada malam itu, dan Nabi SAW mengkhususkan malam untuk istri yang bersangkutan. Jika Nabi SAW pulang dari bepergian, maka beliau tidak akan mengetuk pintu rumah pada malam hari, bahkan beliau melarang hal itu.

Nabi SAW tidak pernah mencela makanan sama sekali. Jika beliau berminat, maka beliau memakannya, sedangkan jika tidak berminat, maka beliau meninggalkannya. Nabi SAW tidak pernah menolak hidangan yang ada, dan tidak pernah memaksa dihidangkan makanan yang tidak ada. Tidak ada satu makanan halal pun yang dihidangkan kepada beliau, kecuali beliau akan memakannya. Nabi SAW makan seadanya. Beliau bersabda: Saya adalah orang terbaik di antara umatku dan saya melepaskan diri dari sikap memaksa. Nabi SAW tidak pernah makan dengan duduk bersandar.

Nabi SAW membaca Basmalah pada permulaan makan dan membaca Hamdalah di penghujung makan. Nabi SAW menyukai manisan dan madu; menggemari labu. Beliau bersabda: “Sebaik-baik lauk adalah cuka; sungguh tidak miskin, rumah yang di dalamnya terdapat cuka”. Nabi SAW makan dengan menggunakan tiga jari, kemudian menjilatinya setelah selesai makan.

Nabi SAW minum sambil duduk. Ketika minum, Nabi SAW menghela nafas sebanyak tiga kali di luar wadah air. Nabi SAW bersabda: Sesungguhnya hal itu lebih menyegarkan dan lebih menyehatkan. Al-Tirmidzi meriwayatkan bahwasanya Nabi SAW bersabda: Janganlah kalian minum dengan sekali minum layaknya unta; akan tetapi minumlah dengan mengambil nafas dua atau tiga kali. Bacalah Basmalah ketika kalian akan minum, dan bacalah Hamdalah ketika kalian selesai minum.

Ketika Nabi SAW memberi minum, maka beliau mendahulukan orang yang ada di sebelah kanan beliau, meskipun orang yang sebelah kiri beliau, lebih tua. Abu Hurairah RA berkata: Nabi SAW meninggalkan dunia tanpa pernah mengalami kekenyangan dengan roti gandum. Terkadang Nabi SAW melewati masa satu atau dua bulan dengan tanpa masak apapun di rumah beliau.

Nabi SAW mau makan makanan hadiah, namun tidak mau makan makanan shadaqah. Nabi SAW senantiasa membalas orang yang memberi hadiah kepada beliau. Nabi SAW terkadang mengikatkan kerikil pada lambung beliau, untuk menahan lapar. Terkadang Nabi SAW dan keluarga beliau menjalani malam-malam dengan perut kosong.

Nabi SAW menyedikitkan penggunaan harta duniawi, padahal Allah SWT telah membukakan seluruh pintu-pintu kekayaan duniawi kepada beliau, namun beliau tidak menerimannya, justru lebih memilih akhirat sebagai gantinya.

Nabi SAW menambal sandal, pakaian maupun timba dengan tangan beliau sendiri. Nabi SAW memerah susu kambing beliau; mencuci pakaian beliau; melayani keluarga dan diri sendiri; ikut memikul bata bersama para shahabat ketika membangun masjid; menjenguk orang sakit dan menjaganya dari hal-hal yang menyakiti si sakit; melayat jenazah; tidak malu bergaul dengan para janda, orang-orang miskin dan kaum dhuafa.

Nabi SAW senantiasa mendatangi undangan orang yang mengundang beliau, baik kaya maupun miskin; orang yang hina dina maupun orang yang terhormat; dan Nabi SAW tidak pernah meremehkan seorang pun.

Ketika Nabi SAW berjalan bersama para shahabat, maka para shahabat berjalan di depan beliau, sedangkan beliau ada di belakang mereka. Nabi SAW bersabda: Biarkan bagian belakangku dijaga oleh malaikat. Oleh karena itu dalam suatu Hadis, Nabi SAW disebutkan telah menggiring para shahabatnya. Kadangkala Nabi SAW berjalan dengan tidak memakai alas kaki, dan terkadang berjalan dengan memakai sandal. Nabi SAW berjalan bersama para shahabat dengan menyendiri juga dengan berkelompok.

Nabi SAW terkadang duduk berjongkok, duduk bersila, duduk bersandar dan sering duduk dengan bersandar pada kedua tangan beliau. Nabi SAW terkadang duduk di atas tanah, di atas tikar, dan di atas alas. Ketika Ady bin Haatim menemui Nabi SAW, beliau mengundangnya ke rumah beliau. Lalu budak wanita beliau memberikan bantal untuk digunakan sebagai alas duduk. Kemudian Nabi SAW meletakkan bantal itu di antara beliau dan Ady; dan beliau duduk di atas tanah. Ady berkata: Saya yakin bahwasanya beliau bukan seorang raja.

Nabi SAW merupakan manusia yang paling fasih dan paling manis tutur katanya. Beliau bertutur kata dengan singkat dan padat. Terkadang beliau mengulangi sabdanya sebanyak tiga kali untuk memberi pemahaman. Tutur kata beliau sangat jelas, sehingga dapat dipahami oleh setiap orang yang mendengarnya. Beliau tidak pernah bertutur kata yang tidak ada gunanya. Beliau tidak bertutur kata kecuali tentang sesuatu yang diharapkan dapat mendatangkan pahala; Nabi SAW tidak duduk maupun berdiri, kecuali beliau senantiasa berdzikir kepada Allah 'Azza wa Jalla.

Terkadang Nabi SAW berkhutbah di atas tanah, di atas mimbar dan di atas unta. Ketika berkhutbah, kedua mata beliau memerah, suaranya menjadi lantang, emosinya memuncak, seakan-akan beliau adalah komandan pasukan perang. Nabi SAW tidak berkhutbah, kecuali beliau memulainya dengan memuji Allah SWT. Terkadang beliau berkhutbah sambil berdiri. Jika Nabi SAW naik mimbar, maka beliau menghadapkan wajahnya kepada para hadirin yang berkumpul dan memulai dengan ucapan: Assalamu'alaikum.

Kebanyakan beliau berkhutbah dengan menggunakan al-Qur'an. Terkadang beliau berkhutbah dengan bersandar pada tongkat ataupun pada tombak; terkadang beliau memperpendek khutbah dan terkadang memanjangkannya sesuai dengan kebutuhan dan maslahat orang-orang yang mendengarkan.

Pokok khutbah Nabi SAW adalah memuji kepada Allah SWT atas segala kenikmatan yang diberikan dan atas sifat-sifat-Nya yang sempurna; mengajarkan tentang pokok-pokok agama Islam; menerangkan tentang surga, neraka dan hari akhirat; memerintahkan kepada ketakwaan; menjelaskan tentang hal-hal yang menjadi sumber kemarahan beliau maupun yang menjadi sumber kerelaan beliau.

Nabi SAW terkadang naik unta, kuda dan bighal. Binatang yang sering dikendarai oleh Nabi SAW adalah unta dan kuda, karena bighal tidak populer di tanah Arab. Terkadang beliau mengendarai kuda yang dihias ataupun yang tidak ada hiasan sama sekali. Terkadang beliau juga melakukan balapan kuda. Terkadang Nabi SAW membonceng sebagian istri maupun shahabat beliau ketika sedang mengendarai unta maupun keledai. Kebanyakan Nabi SAW mengendarai sendirian. Nabi SAW tidak pernah meninggalkan orang yang berjalan di belakang beliau.

Ketika Nabi SAW tidur dan tidur miring, maka beliau berbaring di atas bagian tubuh beliau yang sebelah kanan dengan menghadap kiblat. Terkadang beliau tidur di atas alas, tikar, ranjang bahkan di atas tanah biasa. Alas tidur Nabi SAW terbuat dari kulit yang diisi dengan serabut.

Jika Nabi SAW hendak menuju tempat tidur untuk tidur, beliau berdoa: Ya Allah, dengan pertolongan nama-Mu, aku hidup dan aku mati. Nabi SAW tidur pada sisi tubuh bagian kanan dan meletakkan tangan kanan beliau pada pipi kiri serta berdoa: Ya Allah, jagalah diriku dari siksa-Mu pada hari engkau menyiksa para hamba-Mu. Ketika terbangun dari tidur, beliau berdoa: Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan aku setelah mematikan aku, dan kepada-Nya lah tempat kembali. Kemudian Nabi SAW bersiwak.

Beliau tidur pada permulaan malam dan pada penghujung malam. Terkadang beliau tidak tidur hingga awal malam demi kemaslahatan kaum muslimin. Kedua mata beliau tertidur, namun hati beliau tidak pernah tidur. Ketika Nabi SAW tidur, maka tidak ada yang berani membangunkan beliau sampai beliau bangun tidur sendiri.

Nabi SAW banyak berdzikir dan senantiasa berpikir. Ketika Nabi SAW tidak menyukai sesuatu, maka bisa terlihat pada raut muka beliau. Kebanyakan tawa beliau adalah senyum. Dalam sebagian waktu, beliau tertawa hingga terlihat gigi geraham beliau. Tangis beliau tidak meraung-raung sebagaimana tawa beliau tidak terbahak-bahak; namun kedua mata beliau mengucurkan air mata. Tangis beliau terkadang disebabkan rasa kasih sayang atas meninggalnya seseorang; terkadang mengkhawatirkan dan mengasihi umat beliau; terkadang takut kepada Allah SWT; terkadang ketika mendengarkan bacaan al-Qur’an, tangis yang demikian ini adalah tangis penuh kasih sayang, takut dan mengagungkan; ketika putra beliau, Ibrahim wafat, beliau mengucurkan air mata dan menangis sebagai wujud kasih sayang beliau. Nabi SAW bersabda: Mata mengucurkan air mata dan hati bersedih. Kami tidak mengucapkan suatu perkataan, kecuali yang diridhai oleh Tuhan kami. Sesungguhnya kami bersedih atas kewafatanmu, wahai Ibrahim.

Terkadang Nabi SAW bercanda, namun bercanda dengan perkataan yang benar. Nabi SAW senantiasa menerima alasan orang-orang yang beralasan kepada beliau; teguran beliau berupa sindiran; memerintah dengan lemah lembut, dan menganjurkan berbuat demikian; melarang bersikap kasar; menganjurkan memberi maaf dan berakhlak terpuji; menyenangi bau wangi dan membenci bau busuk; senang mendahulukan anggota tubuh yang kanan ketika bersuci, bersisir, memakai sandal, mengambil sesuatu maupun memberikan sesuatu, dan dalam semua keadaan beliau. Tangan kanan beliau diperuntukkan untuk makan, minum dan sesuci, sedangkan tangan kiri beliau untuk beristinja dari kotoran, karena adanya penyakit pada kotoran.

Majlis Nabi SAW adalah majlis ilmu, lapang dada, malu kepada Allah SWT, amanah, sabar, sabar dan tenang. Suara-suara tidak dikeraskan dalam majlis beliau; tidak membicarakan para wanita. Orang-orang yang menghadiri majlis beliau senantiasa saling berwasiat dalam ketakwaan; saling mengasihi; menghormati yang tua dan menyayangi yang muda; mendahulukan orang yang lebih membutuhkan; menjaga hal-hal yang asing; memberikan dalil-dalil pada amal kebaikan. Nabi SAW senantiasa menyayangi para shahabat beliau dan memperhatikan perilaku mereka. Nabi SAW memuliakan tokoh setiap kaum dan menyerahkan urusan kaum tersebut kepada tokoh yang bersangkutan.

Nabi SAW adalah orang yang paling bagus dalam bermuamalah. Jika beliau berutang, maka beliau melunasi dengan yang lebih baik; jika beliau berutang kepada seseorang, maka beliau melunasi hutang itu dan mendoakan kepada orang yang mengutangi beliau dengan doa: Semoga Allah memberikan barakah kepada keluarga dan hartamu. Sesungguhnya balasan hutang adalah memuji dan melunasi.

Nabi SAW berjual-beli; bekerja sama; mewakilkan dan menerima perwakilan; memberi hadiah dan menerima hadiah; memberi hibah dan menerima hibah; menyewa dan menyewakan; meminjam dan meminjami; berutang dan mengutangi; menggadaikan dan dimintai gadai; melakukan akad syuf'ah dan dimintai akad syuf'ah; memberi ganti rugi; memberi nafkah; wakaf; dan bershadaqah. Semua itu dilakukan oleh Nabi SAW dengan cara yang terbaik.

Nabi SAW tidak pernah berbicara kotor maupun orang yang memaksa orang lain untuk berbicara kotor. Terkadang Nabi SAW mendengarkan syair dan memberikan upah jika syairnya benar adanya. Beliau tidak membalas kejelekan dengan kejelekan, namun memaafkan; tidak pernah memukul pelayan, wanita dan apapun, kecuali ketika dalam jihad fi sabilillah. Beliau tidak diminta untuk memilih antara dua hal, kecuali beliau akan memilih yang paling mudah, selama tidak berdosa.

Anas ibn Malik RA berkata: Saya tidak pernah menyentuh kain sutra yang lebih halus dibandingkan telapak tangan Rasulullah SAW. Saya telah melayani Nabi SAW selama 10 tahun dan beliau tidak pernah mengucapkan kata: “Ah” sekalipun; dan beliau juga tidak pernah bertanya: “Mengapa engkau melakukan hal itu?”, dalam setiap hal yang aku kerjakan; serta tidak pernah bersabda: “Hendaknya engkau berbuat seperti ini”, dalam setiap hal yang belum aku kerjakan.

Allah SWT telah menghimpun kesempurnaan akhlak dan bagusnya watak pada diri Rasulullah SAW. Allah SWT telah menganugerahkan pengetahuan tentang orang-orang masa lalu dan masa depan kepada Nabi SAW; serta tentang hal-hal yang mendatangkan kesalamatan dan kemenangan, padahal beliau adalah seorang ummi yang tidak bisa membaca tulisan dan tidak mempunyai seorang guru dari manusia.

Allah SWT telah memberikan kepada Nabi SAW, sesuatu yang belum pernah diberikan kepada seorang pun di alam semesta ini. Allah SWT telah memilih Nabi SAW di antara seluruh orang-orang yang terdahulu dan yang akan datang. Semoga Shalawat dan Salam senantiasa tercurahkan kepada beliau untuk selamanya hingga hari pembalasan tiba.

Referensi:

KH. Hasyim Asy’ari. al-Nur al-Mubin fi Mahabbati Sayyidi al-Mursalin dalam al-Irsyad al-Sari. Jombang: Maktabah al-Turats. 2013.