Belajar dari Lebah

BELAJAR DARI LEBAH Umat Muslim Seharusnya Banyak Belajar dari Gaya Hidup Lebah Dr. Rosidin, M.Pd.I www.dialogilmu.com R...

BELAJAR DARI LEBAH


Nahl
Umat Muslim Seharusnya Banyak Belajar dari Gaya Hidup Lebah



Dr. Rosidin, M.Pd.I
www.dialogilmu.com

Relasi Manusia dan Lebah

 
Secara filosofis, manusia adalah “binatang yang berbicara” (hayawan nathiq). Bicara merupakan ekspresi dari fungsi akal. Oleh sebab itu, hayawan nathiq sering dimaknai “binatang yang berakal”.
 
Tidak jarang al-Qur’an menyebutkan binatang sebagai bahan pembelajaran maupun sebagai simbolisasi perilaku manusia. Salah satunya adalah lebah. Hadis riwayat Imam Ahmad menyatakan: “Perumpamaan orang mukmin itu seperti lebah. Mengonsumsi yang baik; memproduksi yang baik; dan hinggap tanpa mematahkan maupun merusak”.
 
Lebah dijadikan sebagai nama Surat dalam al-Qur’an, yaitu al-Nahl. Sedangkan ayat yang secara langsung membahas lebah adalah Surat al-Nahl [16]: 68-69.

وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ (68) ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ (69)

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia". Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan (Q.S. al-Nahl [16]: 68-69).
 
Secara etimologis, nahl itu artinya anugerah. Salah satu alasannya, lebah merupakan satu-satunya serangga yang menghasilkan makanan bagi umat manusia. Lebih dari itu, lebah memiliki sejumlah kelebihan yang dapat ditiru oleh umat muslim.
 

Pelajaran Hidup dari Lebah

 
Pertama, Lebah itu bertempat tinggal di tempat-tempat yang tinggi, seperti gunung, pohon dan rumah buatan manusia; sehingga mereka terhindar dari berbagai polusi. 

Umat muslim dapat menirunya dengan cara memilih hunian yang minim polusi. Hal ini selaras dengan pesan suci Rasulullah SAW, “Telitilah tetangga, sebelum memilih rumah”. 

Jadi, tetangga yang baik, berpotensi memotivasi seseorang untuk berbuat baik juga; sedangkan tetangga yang buruk, berpotensi membuat seseorang ikut terjerumus dalam perbuatan buruk juga. 
 
Kedua, Lebah hanya mengonsumsi makanan yang baik, yaitu nektar atau sari buah-buahan, bukan buahnya langsung. 

Umat muslim dapat menirunya dengan cara mengonsumsi makanan yang halal lagi thayyib. Halal berarti sesuai dengan tuntunan agama, sedangkan thayyib sesuai dengan tuntutan kebutuhan fisik seseorang.
 
Ketiga, Lebah tidak merusak pohon maupun bunga yang diambil nektarnya. 

Umat muslim dapat menirunya dengan cara tidak merusak sumber-sumber perekonomian, misalnya: laut, hutan, sawah, kebun, pasar, dan sebagainya.
 
Keempat, Semua nektar yang dikonsumsi lebah, diproses menjadi “produk” makanan, minuman dan pengobatan yang bermanfaat bagi manusia, seperti madu, bee pollen, royal jelly dan propolis. 

Umat muslim dapat menirunya dengan cara mengaktualisasikan potensi-potensinya bagi kemanfaatan dan kemaslahatan umat manusia, seperti sumbangsih tenaga, ilmu, doa, harta, dan lainnya. 

Kelima, Lebah memadukan kerja keras dan kerja cerdas. Untuk mendapatkan nektar, lebah harus menempuh perjalanan berkilo-kilo meter, apalagi di zaman sekarang yang semakin minim tanaman bunga. 

Di sisi lain, lebah itu cerdas karena memanfaatkan cahaya matahari sebagai “navigasinya”. Lebah juga dapat melihat sinar ultraviolet, padahal manusia sendiri tidak mampu. 

Umat manusia dapat menirunya dengan bekerja yang memanfaatkan fungsi otak dan otot sekaligus.
 
Keenam, Ratu lebah memiliki sejumlah kelebihan, antara lain: ukuran tubuhnya lebih besar, lebih aktif daripada lebah pekerja dan mampu hidup lebih lama. 

Bagi umat muslim, kriteria ini dapat dijadikan sebagai alternatif kriteria dalam memilih pemimpin, baik pemimpin rumah tangga, masyarakat hingga bangsa dan negara. Yaitu pemimpin yang fisiknya sehat-bugar dan tidak rentan sakit; memiliki etos kerja yang tinggi, sehingga tidak malas-malasan, apalagi tidur melulu; dan waktu kerjanya lebih lama dibandingkan rakyat biasa, sehingga mereka rela tidak tidur demi kemaslahatan masyarakat.  

Ketujuh, Lebah itu tidak mau mengganggu, kecuali diganggu. Namun gangguan lebah merupakan obat, karena sengatan lebah itu memang berfungsi sebagai obat. 

Umat muslim dapat menirunya dalam perilaku keseharian, sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi SAW: “Orang muslim itu membuat orang lain merasa aman dari lisan dan perbuatannya”. 

Di sisi lain, apabila umat muslim diganggu, maka boleh membalas, namun balasannya bukan untuk pelampiasan dendam, melainkan sebagai shock teraphy (terapi kejutan) yang menyadarkan orang lain atas kesalahannya.
 
Wallahu A’lam bi al-Shawab.


Nama

Arabic,8,Buku,19,English,1,Formal,24,Gallery,1,Indonesia,1,Informal,24,Informasi,3,JurnalIlmiah,13,Korespondensi,1,MakalahIlmiah,6,MOTIVASI,14,Non-formal,7,PAI,12,Profil,2,Resensi,2,StudiIslami,103,TafsirTarbawi,39,
ltr
item
DIALOG ILMU: Belajar dari Lebah
Belajar dari Lebah
https://4.bp.blogspot.com/-y0Vt2XfUQkM/Wzwr5CXnx_I/AAAAAAAABI4/WtJiEQ5738I82GJP_OYfW6NYqNoMqHr_ACLcBGAs/s640/www.dialogilmu.com%2Blebah.JPG
https://4.bp.blogspot.com/-y0Vt2XfUQkM/Wzwr5CXnx_I/AAAAAAAABI4/WtJiEQ5738I82GJP_OYfW6NYqNoMqHr_ACLcBGAs/s72-c/www.dialogilmu.com%2Blebah.JPG
DIALOG ILMU
http://www.dialogilmu.com/2018/07/belajar-dari-lebah.html
http://www.dialogilmu.com/
http://www.dialogilmu.com/
http://www.dialogilmu.com/2018/07/belajar-dari-lebah.html
true
1758165964677023620
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy